Selasa, 23 Juli 2013

DINDING SEL DAN KEKUATAN BATANG

DINDING SEL DAN KEKUATAN BATANG




I.    PENDAHULUAN



1.1  Pengertian Dinding Sel

Dinding sel adalah struktur di luar membran plasma yang membatasi ruang bagi sel untuk membesar. Dinding sel merupakan ciri khas yang dimiliki tumbuhan, bakteri, fungi (jamur), dan alga, meskipun struktur penyusun dan kelengkapannya berbeda. Dinding sel menyebabkan sel tidak dapat bergerak dan berkembang bebas, layaknya sel tumbuhan. Namun demikian, hal ini berakibat positif karena dinding-dinding sel dapat memberikan dukungan, perlindungan dan penyaring (filter) bagi struktur dan fungsi sel sendiri. Dinding sel mencegah kelebihan air yang masuk ke dalam sel.

1.2  Pengertian Batang Tumbuhan

Batang adalah organ utama di atas tanah tumbuhan, lalu dari tumbuh semua bagian lain yang dibutuhkan untuk mengembangkan sesuai dengan jenisnya.
Sebuah batang tumbuhan terdiri dari beberapa lapisan yang disebut sistem vaskular yang mencakup empulur, xilem, kambium, floem, korteks, dan epidermis, atau kulit luar. Korteks menyimpan pati yang diproduksi oleh tumbuhan, sedangkan floem adalah lorong yang dilalui pati bergerak melalui tumbuhan. Kambium adalah di mana sel-sel tumbuhan baru berkembang untuk membantu tumbuhan tumbuh, sedangkan xilem untuk transportasi air berbagai bagiannya.. Serat panjang kenyal tangguh memungkinkan bagi tumbuhan untuk berdiri tegak dan membengkokkan dalam angin. Air diambil oleh sistem vaskular batang juga meningkatkan kekuatan tarik, sehingga memungkinkan untuk berdiri tegak.






II.   ISI


2.1 Dinding Sel
Keberadaan dinding sel, membedakan sel tumbuhan dari sel hewan. Keberadaannya adalah dasar utama selain berbagai karakteristik tumbuhan sebagai organisme. Dinding sel bersifat kaku dan oleh karena itu berfungsi membatasi ukuran protoplas, mencegah protoplasma keluar dari membran plasma ketika ukuran sel membesar saat penyerapan air. Dinding sel sangat menentukan ukuran dan bentuk sel, tekstur jaringan, dan bentuk organ tumbuhan. Jenis sel sering diidentifikasi berdasarkan struktur dinding selnya, menunjukkan hubungan erat antara struktur dinding sel dan fungsi sel. Dinding sel merupakan kompartemen metabolik yang dinamis dan memiliki fungsi khusus yang penting. Dinding sel mengandung berbagai enzim dan memainkan peran penting dalam penyerapan, transportasi, dan sekresi zat dalam tumbuhan. Bukti eksperimental menunjukkan bahwa molekul yang dilepaskan oleh sel dinding terlibat dalam pengiriman sinyal sel ke sel, mempengaruhi diferensiasi selular. Selain itu dinding sel memainkan peran dalam pertahanan terhadap bakteri dan jamur patogen dengan menerima dan pengolahan informasi dari permukaan patogen dan mengirimkan informasi ini untuk membran plasma sel inang. Melalui proses pada gen-gen yang diaktifkan, sel inang dapat menjadi resisten terhadap serangan melalui produksi antibiotik phytoalexins yang bersifat racun untuk patogen—atau melalui pengendapan zat-zat seperti lignin, suberin, atau kalosa, yang dapat bertindak sebagai penghalang pasif terhadap serangan patogen.


Secara ringkas, fungsi dinding sel adalah sebagai berikut:

·         Mempertahankan  dan menentukan bentuk sel (analog dengan sebuah kerangka eksternal untuk setiap sel). 
·         Dukungan dan kekuatan mekanik (memungkinkan tanaman untuk dapat tumbuh tinggi, membuat helaian daun yang tipis dapat diposisikan secara baik untuk mendapatkan cahaya).
·         Mencegah membran sel meledak saat berada di dalam medium hipotonik (yaitu, tahan tekanan air).
·         Mengendalikan laju dan arah pertumbuhan sel dan mengatur volume sel. 
·         Bertanggung jawab dalam desain dan mengendalikan morfogenesis tanaman sejak dinding tanaman berkembang hingga penambahan sel.
·         Memiliki peran metabolisme (yaitu, beberapa protein di dinding sel adalah enzim-enzim untuk transportasi, sekresi). 
·         Penghalang fisik untuk: (a) patogen, dan (b) air dalam sel bergabus. Namun, harus diingat pula bahwa dinding sel sebenarnya sangat berpori dan memungkinkan molekul kecil, termasuk protein hingga 60.000 MW dapat bebas. Pori-pori pada dinding sel berukuran sekitar 4 nano meter.
Penyimpanan karbohidrat - komponen dinding ini dapat digunakan kembali dalam proses metabolisme lainnya (terutama dalam biji). Dengan demikian, di satu sisi dinding sel dapat berfungsi sebagai repositori penyimpanan untuk karbohidrat. 
·         Sinyal - fragmen dinding, disebut oligosakarin, bertindak sebagai hormon. Oligosakarin, yang didapat dari hasil perkembangan normal atau karena serangan patogen, melakukan berbagai fungsi termasuk: (a) merangsang sintesis etilen, (b) mendorong sintesis fitoaleksin (pertahanan kimia yang diproduksi sebagai respon terhadap infeksi jamur / bakteri), (c) merangsang enzim kitinase dan (d) meningkatkan kadar kalsium sitoplasma dan (d) menyebabkan "ledakan oksidatif". Ledakan ini menghasilkan hidrogen peroksida, superoksida dan oksigen aktif lain yang dapat menyerang patogen secara langsung atau menyebabkan peningkatan lintas-hubungan di dinding sel, membuat dinding lebih keras untuk ditembus.


2.2 Kekuatan Batang

Bagian-bagian dari sistem vaskular batang yang diatur dalam bundel yang menutupi bagian luar terbuat dari sel sklerenkim. Serat panjang kenyal tangguh memungkinkan bagi tumbuhan untuk berdiri tegak dan membengkokkan dalam angin. Air diambil oleh sistem vaskular batang juga meningkatkan kekuatan tarik, sehingga memungkinkan untuk berdiri tegak.

Batang tumbuhan melakukan fungsi yang berbeda pada tumbuhan yang berbeda. Pada tumbuhan berbunga, semak dan pohon, mereka memberikan kekuatan dan stabilitas dan transportasi nutrisi dan air. Setelah tumbuhan hidup kehidupan mereka, semua bagian mereka, termasuk batang, layu dan mati. Dalam kasus lain, batang tumbuhan melayani tujuan tambahan menyediakan makanan bagi manusia dan hewan. Batang tumbuhan seperti seledri dan sayuran merupakan sumber makanan penting bagi manusia, sedangkan banyak tumbuhan tangkainya menjadi silase untuk sapi dan sapi perah.

Batang hijau tumbuhan berdaun membantu pertumbuhan tumbuhan dalam dua cara: Mereka mendukung struktur daun, dan mereka juga mengandung sistem vaskular tumbuhan, yang mengangkut air dan nutrisi dari akar ke daun. Batang biasanya terdiri dari tiga jaringan, jaringan dermal, jaringan dasar dan jaringan pembuluh darah. Jaringan dermal menutupi permukaan luar dari batang dan biasanya berfungsi untuk tahan air, melindungi dan mengontrol pertukaran gas. Jaringan dasar biasanya terutama terdiri dari sel-sel parenkim dan mengisi sekitar jaringan pembuluh darah. Kadang-kadang berfungsi dalam fotosintesis. Jaringan pembuluh menyediakan transportasi jarak jauh dan dukungan struktural. Sebagian besar atau semua jaringan dasar mungkin hilang dalam batang kayu. Ini jaringan dermal tanaman perairan batang mungkin kurang kedap air udara ditemukan dalam tangkai. Susunan jaringan pembuluh bervariasi di antara spesies tanaman.


Beberapa spesies tumbuhan memiliki batang yang mengalami modifikasi untuk fungsi yang beragam. Modifikasi batang antara lain sebagai berikut:

1. Rhizoma adalah batang yang tumbuh horizontal di dalam tanah atau dekat dengan permukaan tanah. Rhizoma mempunyai ruas-ruas pendek dan pada bukunya terdapat daun-daun seperti sisik. Di sepanjang rhizome dapat dijumpai adanya akar adventif, terutama di permukaan bagian bawah. Rhizoma merupakan tempat menyimpan cadangan makanan, misalnya famili Zingiberaceae (jahe-jahean).

2. Stolon, mirip dengan runner, tetapi biasanya tumbuh tegak di dalam tanah.

3. Runner adalah batang yang tumbuh horizontal di atas tanah, umumnya di sepanjang permukaan tanah, dan mempunyai ruas yang panjang, misalnya pada tanaman stroberi.

4. Umbi batang (tuber) . Misal pada kentang berkembangnya beberapa ruas di ujung stolon. Mata tunas pada umbi kentang merupakan kuncup yang terdapat pada buku batang, setiap mata tunas tersebut akan mampu berkembang menjadi individu baru.

5. Umbi lapis (bulb) merupakan kuncup besar yang dikelilingi oleh sejumlah daun berdaging, dengan satu batang kecil dan pendek pada ujung bawah. Daun berdaging mengandung cadangan makanan. Pada bawang merah, daun berdaging selalu dikelilingi oleh daun-daun seperti sisik. Umbi lapis juga dijumpai pada tanaman tulip, lili, dan lain-lain.

6. Umbi kormus (corm). Kormus mirip dengan umbi lapis tetapi bagian yang membengkak seluruhnya merupakan jaringan batang. Helaian daun berbentuk sisik menutupi seluruh permukaan kormus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar